Tuesday, December 7, 2010

Struktur dan Anatomi Virus

Sama seperti manusia, dunia virus pun memiliki keaneka-ragaman lho! Bentuk virus. antara yang satu dengan yang lain, juga beda-beda. Gak percaya? Liat aja gambar berikut ini!


Sekarang percaya kan kalo virus juga beranekaragam? Terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. Tapi yang paling penting, kami sesama virus, saling menghargai satu sama lain. (hehehe XD just kidding!)
Meskipun bentuk virus beragam, penelitian mengenai struktur virus tidak terlalu rumit, sebab pada umunya setiap virus memiliki bentuk sel yang kurang lebih sama. 

Struktur virus terdiri atas asam nukleat (DNA atau RNA) yang diselubungi oleh oleh lapisan protein yang disebut kapsid. Gabungan antara asam nukleat dengan kapsid disebut nukleokapsid. Virus memiliki ukuran lebih kecil dari bakteri, lho (2-20 milimikron)!

Virus yang paling terkenal adalah virus yang menyerang bakteri (bakteriofage) yang memiliki struktur seperti huruf T. Virus ini memiliki asam nukleat berupa DNA yang terdiri atas 100 gen yang tersimpan dalam kepala virus (capsid isohedral).

No comments:

Post a Comment