Tuesday, December 7, 2010

Sebenarnya Virus itu apa sih??

Nah, sebelum ngobrol lebih jauh tentang virus, pastinya kita harus kenal dulu dong virus itu apa. Di sini, Viro akan menjelaskan menggunakan bahasa yang digunakan manusia sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.


Virus didefinisikan sebagai parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Untuk dapat berkembang biak, Virus membutuhkan bantuan makhluk hidup lain sebab virus tidak memiliki perlengkapan seluler untuk bereproduksi sendiri. Inang tempat perkembanganbiakan virus haruslah material hidup. Virus tidak dapat berkembang biak dalam mahkluk mati.


Masyarakat banyak yang menyalah-artikan perbedaan kuman, virus, dan bakteri. Lebih lanjut, Viro akan menjelaskan perbedaan mendasar antara ketiga makhluk hidup tersebut.


Kuman
 Istilah umum Indonesia untuk hewan mikro biologis yang juga disebut dengan nama bakteri.  Biasanya kuman membawa bibit penyakit.


Virus
 Virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. (tidak memiliki “mesin” biosintetik sendiri.)
 Dalam sel inang, virus merupakan parasit obligat dan di luar inangnya menjadi tak berdaya.
 Biasanya virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat (DNA atau RNA, tetapi tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri atas protein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya.
 Ketika virus dikristalkan, virus mirip benda tak hidup. Namun, jika dimasukkan ke dalam lingkungan yang cocok, virus akan hidup kembali.
Berikut adalah gambar sederhana mengenai struktur Virus.



Bakteri
 Semua mikroorganisme prokariotik dimasukkan ke dalam Kingdom Monera. Mikroorganisme prokariotik adalah mikroorganisme yang memiliki bahan inti tetapi tidak memiliki selubung inti.
 Istilah “bakteri” telah diterapkan untuk semua prokariota atau untuk kelompok besar mereka
 Kebanyakan bakteri dapat hidup walaupun inangnya telah mati.
Berikut adalah struktur dasar dari bakteri.



Nah, dari penjelasan di atas, kelihatan kan kalo Virus dan Bakteri datang dari keluarga yang berbeda, yang artinya virus dan bakteri tidak bisa disamakan. 

No comments:

Post a Comment